Sidak KPPU KPD Medan ke Pasar Tradisional di Kota Medan

SIDAK JANUARI 3 (1)

Sidak KPPU KPD Medan ke Pasar Tradisional di Kota Medan

Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan Abdul Hakim Pasaribu melakukan sidak Senin, 11 Januari 2016 ke sejumlah pasar tradisional dan Rumah Potong Hewan Mabar menyusul masih tingginya harga daging ayam dan daging sapi usai hari raya tahun baru.
Abdul Hakim Pasaribu yang dalam sidak kali ini didampingi oleh beberapa media di Kota Medan dan staf mengungkapkan, penelitian terutama difokuskan untuk mengetahui dampak dari pemusnahan enam juta bibit ayam (parent stock) yang dilakukan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama sama dengan 12 (duabelas) perusahaan pembibitan ayam yang tergabung dalam GPPU (Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas).
Berdasarkan pantauan KPPU KPD Medan, saat ini harga daging ayam dijual sampai ke tingkat konsumen Rp. Rp. 28.000-Rp. 29.000 per kg. Harga ini naik dari harga normal yang rata-rata berkisar Rp. 20.000 per kg sedangkan harga daging sapi berkisar Rp. 105.000-110.000 per kg, naik dari Rp.95.000 per kg, harga daging sapi yang mahal itu tidak turun lagi sejak Lebaran Idul Fitri tahun lalu.
Dalam hasil sidak kali ini, KPPU KPD Medan akan merekomendasikan kepada Pemerintah untuk mengalokasikan daging ayam ke daerah-daerah yang bukan sentra penghasil ayam, bukan dengan cara pemusnahan yang dilakukan oleh pengusaha yang mengakibatkan masyarakat dirugikan.
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala KPD Medan juga melakukan sidak ke Rumah Potong Hewan Mabar Pemko Medan dan bertemu dengan Kepala Bagian Produksi Hijrah Sibarani, dari informasi yang disampaikan Hijrah memaparkan, memang pasokan daging sapi untuk saat ini turun drastis sekitar 50% namun pihaknya tidak mengetahui penyebab dari penurunan pasokan tersebut, Rumah Potong Hewan Mabar tidak ikut terlibat menentukan harga daging sapi, kami hanya sebagai jasa pemotongan saja, hal tersebut bisa ditanyakan langsung ke feedloter besar di Sumut yaitu PT. Lembu Andalas Langkat, PT. Eldira yang bekerjasama dengan RPH Mabar.
Menindaklanjuti informasi tersebut, KPPU KPD Medan akan melakukan koordinasi dengan feedloter besar di Sumut terkait masih tingginya harga daging sapi dan menurunnya jumlah sapi yang dipotong di Rumah Potong Hewan Mabar tersebut.