Komisioner KPPU Kunjungi Harian Tribun

IMG-20170106-WA0004

Komisioner KPPU Kunjungi Harian Tribun

Mengawali tahun 2017, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) KPD Medan berkunjung ke media cetak Harian Tribun Medan.
KPPU RI diwakili oleh Komisioner Kurnia Sya’ranie dan Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan Abdul Hakim Pasaribu. Rombongan KPPU diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Tribun Medan Domu Ambarita dan Pemimpin Perusahaan Setiawan. Kurnia Sya’ranie menceritakan bahwa prioritas KPPU di tahun 2017 yaitu sosialisasi daftar periksa kebijakan persaingan kepada pemerintah, pengawasan kemitraan dengan keberpihakan KPPU terhadap UKM agar pelaku usaha besar tidak abuse yang kecil, dan meningkatkan kepatuhan pelaku usaha terhadap hukum persaingan usaha melalui keikutsertaan pelaku usaha dalam program kepatuhan persaingan usaha KPPU serta membuat link secara internasional dengan negara-negara ASEAN.
Ia menegaskan, bahwa banyak cara yang dilakukan KPPU di bidang pencegahan agar pelaku usaha tidak melakukan praktek monopoli atau pelanggaran terhadap UU No.5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.
Hal ini disambut positif oleh Domu Ambarita, kepada Kurnia Sya’ranie, Domu meminta agar hajat hidup orang banyak lebih diperhatikan KPPU, Domu memberikan contoh pembatasan minimarket berjaringan jangan sampai ke kecamatan, hal ini akan membunuh toko kelontong di sekitarnya, pemerataan dan keadilan sosial harus dijalankan, jangan sampai hadirnya satu perusahaan besar mengeksploitasi yang kecil di sekitarnya, ucap Domu.
Mendengar pernyataan tersebut, Kurnia Sya’ranie menyebutkan bahwa pengawasan pelaku usaha besar dan kecil menjadi salah satu prioritas program kerja KPPU dengan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan Dinas UKM di seluruh Kabupaten/Kota di wilayah kerja Kantor Perwakilan KPPU di seluruh Indonesia, jelasnya mengakhiri diskusi dengan Harian Tribun Medan.