Universitas Bung Hatta Gelar Semnas Penegakan Hukum Persaingan Usaha

IMG-20170406-WA0028

Universitas Bung Hatta Gelar Semnas Penegakan Hukum Persaingan Usaha

Komisi Pengawas Persaingan Usaha Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta (FH UBH) bekerjasama melaksanakan Seminar Nasional Penegakan Hukum Persaingan Usaha di Indonesia. Seminar berlangsung di Balairung Caraka Gd. B Kampus I Universitas Bung Hatta (3/4).
Seminar Nasional dibuka oleh Wakil Rektor III UBH Dr. Diana Kartika, dengan pembicara Wakil Katua KPPU R. Kurnia Sya’ranie S.H., M.H., Kepala Kantor Perwakilan Daerah Medan Abdul Hakim Pasaribu S.E., M.E., dan Sutejo S.H., M.H., Hakim Pengadilan Negeri Klas I A Padang. Dalam sambutannya, Wakil Rektor III menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal yang sangat baik dan perlu diapresiasi dan diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin. “Pemahaman tentang persaingan usaha yang sehat sangat penting, dan tentunya kehadiran KPPU pada hari ini sangat memberikan manfaat yang sangat besar kepada mahasiswa Fakultas Hukum Universistas Bung Hatta”, katanya.
Diana menambahkan, UBH terus melakukan perubahan-perubahan untuk perbaikan kurikulum. Perbaikan dilakukan terutama untuk peningkatan soft skill mahasiswa. Pihaknya terus melakukan perbaikan sebagai upaya menyiapkan mahasiswa yang siap pakai dan memanfaatkan kesempatan sehingga mengurangi angka mahasiswa yang menganggur.
Selanjutnya, Wakil Ketua KPPU R. Kurnia Sya’ranie mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu prioritas KPPU sebagai salah satu upaya peningkatan internalisasi nilai-nilai persaingan usaha bagi kalangan akademisi sebagai sarana yang paling baik dan internalisasi tidak akan berjalan mulus tanpa melibatkan para pemangku kepentingan.
“Tujuan UU Persaingan Usaha ini dapat meningkatkan efisiensi nasional yang ujungnya untuk mensejahterakan rakyat, menjaga kepentingan umum dan menjamin kesempatan berusaha yang sama bagi pelaku usaha besar, menengah dan kecil”, Efisiensi dan inovasi akan tercipta dengan persaingan usaha yang sehat, tambahnya.