Kawal Stabilitas Harga Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri

IMG_20170524_143912

Kawal Stabilitas Harga Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan terus mengawasi dan memantau stok pangan di pasar menjelang Ramadan dan Idul Fitri agar tidak terjadi penimbunan dan penahanan stok pangan.
“Kami akan terus mengawal jangan sampai ada yang menahan stok pangan di gudang karena akan mempengaruhi harga,” kata Kepala Kantor KPPU KPD Medan Rabu (24/5/2017) dalam kegiatan Forum Jurnalis yang berlangsung di Kantor KPPU Jl. Gatot Subroto.
Menjelang Ramadan, kata Hakim, keterlibatan pihaknya dalam sidak ke sejumlah pasar beberapa hari yang lalu bertujuan untuk memantau harga pangan di pasar menjelang Ramadhan.
KPPU bersama dengan satgas pangan Pemko Medan memantau di dua pasar tradisional, diantaranya Pasar Muara Takus dan Sei Sikambing.
Harga bahan pangan relatife stabil kecuali harga bawang putih yang melonjak dan bervariasi di tiap pasar. Di Pasar Muara Takus, harga bawang putih berkisar Rp.45.000 sampai Rp.60.000 perkilo, sedangkan di Pasar Sikambing harga bawang putih lebih murah berkisar Rp.44.000 sampai Rp.46.000 perkilo. Sementara di ritel modern Carrefour, harga bawang putih mencapai Rp. 47.500.
Sementara itu harga daging ayam memang ada kenaikan, Rp.27.000 sampai Rp.28.000 berubah-ubah setiap hari, cabai merah Rp.16.000 sampai Rp.20.000 perkilo dan untuk daging sapi di posisi harga Rp.108 ribu – Rp.110 ribu perkilo.
Untuk kenaikan harga bawang putih, KPPU bersama dengan satgas ketahanan pangan akan menyelidiki apa penyebabnya. Apabila dari kalangan media mengetahui gudang-gudang bawang putih yang tidak terdeteksi oleh kami, dapat menyampaikan informasi tersebut ke KPPU.
Hakim menambahkan, untuk saat ini ketersediaan pasokan sejauh ini masih belum ada informasi kekurangan, jadi apabila ada kenaikan harga bahan pangan perlu langsung diteliti, dimana sumbernya.
“KPPU bersama dengan satgas pangan akan melakukan pengawalan stabilitas harga-harga menjelang Bulan Puasa dan Idul Fitri dan KPPU akan menggiatkan sidak untuk memberikan sinyal kepada pelaku usaha untuk tidak melakukan penimbunan serta menghindari cara-cara di luar ketentuan yang menimbulkan kenaikan harga ,” katanya.