Memperkuat Koordinasi KPPU Medan dan Bank Indonesia Provinsi Aceh

IMG-20170509-WA0004

Memperkuat Koordinasi KPPU Medan dan Bank Indonesia Provinsi Aceh
Jumat (4/5) – Kepala KPPU KPD Medan, Abdul Hakim Pasaribu beserta staf, telah melakukan kunjungan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh dan diterima langsung oleh Ahmad Farid selaku Kepala BI Provinsi Aceh yang didampingi Ridwan Sobirin selaku Asisten Manajer dan Handoko selaku Asisten Direktur.
Pada pertemuan tersebut, Kepala KPD Medan menyampaikan bahwa untuk saat ini KPPU sedang melakukan identifikasi pelaku usaha besar di rantai distribusi, pada saat ada kelangkaan atau pengaturan pasokan dan produksi, KPPU dapat melihat apa penyebabnya, “KPPU dapat melakukan Penegakan Hukum ketika kenaikan harga disebabkan oleh perilaku pelaku usaha”. KPPU ingin lebih berperan dan hadir dengan kewenangan yang kami miliki, memberikan kontribusi khususnya penguatan peran KPPU di daerah dalam pengawasan pelaku usaha komoditas pangan agar terbentuk pasar yang efisien dan mencegah terjadinya persaingan usaha tidak sehat dan membatasi penguasaan segelintir pelaku usaha tertentu pada 11komoditas yang diawasi oleh KPPU.
Hakim juga menjelaskan bahwa, KPPU tidak terlibat secara formal di TPID, namun kami bisa menjadi observer, apabila ada informasi penimbunan dari hasil monitor BI di lapangan dapat disampaikan ke KPPU.
Menanggapi hal tersebut, Farid menuturkan bahwa BI sangat menyambut baik keterlibatan KPPU dalam TPID di Provinsi Aceh, BI tidak bisa bergerak sendiri, kami bergerak di lapangan atas nama TPID, apabila ada KPPU, pelaku usaha juga tidak akan berani melakukan tindakan penimbunan dan pengaturan produksi. Selain itu, Pemerintah Pusat juga sudah mulai terbuka dan perduli terkait komoditas pangan dengan mengeluarkan kebijakan HET 3 (tiga) komoditas oleh Kemendag dan mewajibkan seluruh distributor terdaftar di Kemendag juga mewajibkan pelaku usaha untuk menyampaikan jumlah pasokan secara online.
Kepala BI Provinsi Aceh juga mengatakan bahwa ketika terjadi lonjakan harga, TPID juga sudah ada aplikasi PIHPS Nasional, survey harga pangan harian yang disajikan di Pusat Informasi Harga Pangan 10 komoditas strategis. “ KPPU dan Bank Indonesia bisa saling mengisi, dengan adanya KPPU akan lebih bagus ke depannya, KPPU dapat bertindak dari aspek persaingan usahanya, tambahnya.