KPPU KPD Medan Gandeng Polda Sumbar Awasi Persaingan Usaha

KPD Medan dengan Kapolda Sumbar

KPPU KPD Medan Gandeng Polda Sumbar Awasi Persaingan Usaha

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kepala Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan melaksanakan audiensi dengan Kapolda Sumatera Barat yang diterima langsung oleh Bapak Kapolda Brigjen Pol. Drs. Fakhrizal M. Hum. di Mabes Polda Sumbar (6/6). Audiensi merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman antara KPPU dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Kerjasama dan Koorodinasi dalam Penanganan Perkara Dugaan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dengan ruang lingkup mencakup bidang pembinaan, operasional dan tukar menukar informasi.
Kepala KPD Medan Abdul Hakim Pasaribu menyampaikan bahwa Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi yang merupakan wilayah kerja KPPU KPD Medan, namun tidak memiliki kantor perwakilan di Sumbar sehingga pengawasan persaingan usaha di Sumatera Barat belum maksimal. Dalam menjalankan tugasnya KPPU memiliki keterbatasan, diperlukan sinergitas antar lembaga untuk penanganan proses penegakan hukum perkara misalnya kartel, KPPU tidak dapat melakukan penggeledahan, kewenangan tersebut ada di Kepolisian.
Untuk saat ini, dalam mengawal stabilitas harga-harga pangan menjelang Idul Fitri, KPPU bersama satgas pangan sedang menggiatkan sidak-sidak ke pasar tradisional, gudang-gudang dan ritel modern, apabila ditemukan penimbunan stok barang atau aktifitas-aktifitas yang bisa ditindaklanjuti dan berhubungan dengan UU No.5 Tahun 1999 KPPU dan Kepolisian akan bersinergi. Dari pantauan yang dilakukan tim dari KPPU di beberapa pasar tradisional di Sumbar harga pangan relatif terkendali.
Menanggpai hal tersebut, Kapolda Sumbar menyambut baik adanya kerjasama KPPU dan Polda Sumbar, kami akan membantu proses penanganan perkara di KPPU , silahkan memakai fasilitas yang ada di Polda Sumbar. Untuk satgas pangan dalam waktu dekat, sedang direncanakan sidak yang akan melibatkan, Gubernur Sumbar, BI, Dinas Pertanian dan Perdagangan, kami akan berbagi informasi dengan KPPU terkait hal tersebut, tambahnya.