Knowledge Sharing Program KFTC untuk KPPU KPD Medan

IMG-20170802-WA0018

Knowledge Sharing Program KFTC untuk KPPU KPD Medan

Medan (20/7), bertempat di Rg. Diskusi KPPU KPD Medan Jl. Gatot Subroto No.148 B, Chan-Young Bae Director of Information Division dari KFTC, berkunjung ke KPPU KPD Medan untuk berbagi pengalaman tentang UU Subkontrak dari KFTC. Kegiatan sharing tersebut dihadiri Kepala Kantor Perwakilan Daerah Medan Abdul Hakim Pasaribu dan para staf di KPPU KPD Medan.
Kunjungan Chan-Young Bae tersebut merupakan salah satu program bantuan teknis yang disponsori oleh Pemerintah Korea Selatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2004 yang bertujuan untuk saling berbagi pengalaman mengenai hukum dan kebijakan persaingan dan sharing pengalaman antara kedua lembaga persaingan yaitu KPPU KPD Medan dan KFTC.
Knowledge sharing program telah terselenggara dari mulai tahun 2014 di China, 2015 di Indonesia dan tahun 2017 di Pakistan untuk membahas berbagai agenda yang berkaitan dengan persaingan usaha yang diikuti oleh negara yang memiliki lembaga persaingan usaha.
Sebelum terbentuknya KFTC, pembangunan ekonomi di Korea dipimpin oleh Economic Planning Board. Latar belakang terbentuknya KFTC adalah bahwa pada tahun 1963 terjadi lonjakan harga pada produk tepung terigu, semen dan gula. Pada tahun 1966 untuk pertama sekali diperkenalkan UU Persaingan dan mengalami 3 (tiga) kali kegagalan karena kurangnya kesadaran masyarakat pada saat itu. Mengenai penegakan hukum persaingan usaha di Korea, KFTC menyampaikan bahwa kasus pelanggaran hukum persaingan usaha yang paling dominan di Korea adalah kasus kartel. KFTC sendiri telah membentuk divisi khusus untuk menangani kartel yang terjadi di Korea.
KFTC merupakan organisasi independen yang merupakan Kuasi Badan Peradilan yang berdiri pada tahun 1981. KFTC adalah organisasi administrasi setingkat Menteri dibawah wewenang Perdana Menteri yang mempunyai 4 tujuan utama yaitu mempromosikan persaingan, memperkuat hak konsumen, menciptakan lingkungan yang kompetitif bagi UKM dan menahan konsentrasi kekuatan ekonomi. Untuk itu KFTC memberlakukan 12 Undang-Undang termasuk Peraturan Monopoli dan Fair Trade Act. KFTC mempunyai 5 (lima) kantor perwakilan yang berada di Seoul, Busan, Gwangju, Daejeon dan Deagu.
Selanjutnya, sharing informasi terkait perkembangan terkini Penegakan Hukum Persaingan Usaha dan kebijakan persaingan usaha di Korea Selatan dan terkait informasi lainnya dapat ditindaklanjuti dengan mengirimkan e-mail kepada Mr. Chan-Young Bae (Planning and Coordination Bureau KFTC 2017).