High Level Meeting TPID

Padang (29/8) – KPD Medan menghadiri High Level Meeting (HLM) Tim Pengendapi Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat yang dilaksanakan di kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat. HLM dipimpin oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Bapak Irwan Prayitno, selaku Ketua TPID Provinsi Sumatera Barat dan dihadiri Walikota Padang, Ketua TPID Kabupaten/Kota, Bulog, PT Garuda Indonesia Cabang Padang, PLN, Satgas Pangan (Polda Sumatera Barat), BMKG Padang Pariaman, PT Grafika Sumbar Jaya, dan Dinas-Dinas terkait. Agenda HLM adalah evaluasi pelaksanaan pengendalian inflasi daerah semester I tahun 2018 dan antisipasi menghadapi risiko inflasi ke depan.

Salah satu isu pembahasan utama dalam rapat adalah terkait komoditas daging ayam ras yang menjadi salah satu penyumbang inflasi. Terdapat dugaan adanya monopoli pada komoditas daging ayam ras dan telur di Provinsi Sumatera Barat.

Pada rapat tersebut, KPD Medan menyampaikan bahwa pemantauan harga, struktur, dan perilaku pasar terus dilakukan. Inspeksi mendadak (sidak) terhadap komoditas daging ayam ras dan telur telah dilakukan di 3 (tiga) wilayah kerja KPD Medan yaitu Provinsi Sumatera Utara, Aceh, dan Sumatera Barat. Mengenai isu adanya monopoli pada komoditas daging ayam ras dan telur, saat ini KPD Medan sedang melakukan penelitian terhadap komoditas tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, KPD Medan meminta bantuan Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat dan Dinas untuk melakukan pendataan daerah sentra penghasil untuk mengetahui wilayah, jumlah produksi, dan persebaran distribusi. Serta pendataan perjanjian kemitraan sesuai amanat UU Nomor 20 Tahun 2008 dan PP Nomor 17 Tahun 2013 sehingga KPD Medan dapat melakukan analisa.

Atas permintaan bantuan KPD Medan, Bapak Gubernur Provinsi Sumatera Barat memerintahkan dinas untuk melakukan pendataan dan menyerahkan perjanjian kemitraan ke KPD Medan agar dapat dilakukan analisa terhadap perjanjian kemitraan tersebut.