KPPU Terus Sebarkan Nilai-Nilai Persaingan Usaha

 

Medan (26/11) -Penyebarluasan nilai-nilai persaingan usaha yang sehat secara masif terus dilakukan oleh KPPU untuk meningkatkan pemahaman pada generasi milenial.

Kali ini, KPPU bekerjasama dengan Fakultas Hukum Bidang Hukum Bisnis Universitas HKBP Nommensen menyelenggarakan kuliah umum dengan peserta mahasiswa Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi Universitas HKBP Nommensen dan mengambil tema ”Peran KPPU Dalam Upaya Menjaga Iklim Persaingan Usaha di Indonesia”.

Kegiatan kuliah umum ini menghadirkan Komisioner KPPU, Kodrat Wibowo dengan moderator Lesson Sihotang S.H. M.H.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Jinner Sidauruk S.H. M.H. Dalam sambutannya, Jinner Sidauruk mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada KPPU yang telah memberikan tambahan ilmu yang gratis langsung dari Komisioner KPPU.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan telah banyak mahasiswa yang mengambil konsentrasi dalam bidang Hukum Persaingan Usaha untuk saat ini. Harapannya mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan ini sebagai bekal bagi yang berkeinginan untuk berkarir di KPPU di masa yang akan datang” sambut Jinner Sidauruk.

Diharapkan kerjasama dengan KPPU lebih ditingkatkan dalam bentuk MoU dan dapat menjadi event kalender rutin di Universitas HKBP Nommensen yang bisa dilaksanakan 2 kali dalam 1 tahun.

Mengawali pemaparannya, Komisioner Kodrat Wibowo menyampaikan terkait tugas, fungsi dan kewenangan KPPU yang  dibentuk untuk mengawasi  dan untuk menjaga persaingan usaha yang sehat.

Beliau juga menyampaikan contoh-contoh kasus dan kebijakan persaingan yang telah ditangani oleh KPPU antara lain monopoli hak siar bola, kartel sms, Yamaha-Honda dan Kartel Pakan Ternak.

Salah satu tema yang diangkat oleh Kodrat Wibowo dan menarik bagi generasi milenial adalah terkait Disruptive Innovation. Dijelaskan oleh Kodrat Wibowo disruptive innovation adalah sebuah keniscayaan dari perkembangan teknologi yang tidak dapat kita hambat.