Pengendalian Inflasi dan Menjaga Nilai Tukar Petani

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan mengikuti Rapat TPID Provinsi Sumatera Utara dengan tema “Review 2018 dan Outlook 2019” pada hari Senin, tanggal 15 Januari 2019 di Kantor Bank Indonesia. Rapat dibuka dengan paparan BPS terkait inflasi provinsi Sumatera Utara 1.23% jauh di bawah angka nasional. Andil inflasi berada pada kelompok pengeluaran transportasi dan komunikasi dan jasa keuangan di 0.17% dan komoditas bawang merah. Di tingkat nasional, provinsi Sumatera Utara mencapai inflasi terendah dibandingkan provinsi lain di Indonesia. Angka ini merupakan yang terendah selama 8 tahun terakhir. Atas keberhasilan ini, Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur, menyampaikan ucapan terima kasih khususnya kepada Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan KPPU.

Bank Indonesia menjelaskan bahwa secara historis, inflasi di provinsi Sumatera Utara terus berlanjut pada tren fluktuatif. Akan tetapi, nilai tukar petani (NTP) holtikultura dan padi dan palawija berada pada kondisi mengenaskan. Tugas TPID adalah menjaga dinamika komoditas untuk menjaga tingkat kestabilan inflasi. Hal ini didukung, Biro Perekonomian Provinsi Sumatera Utara yang menyatakan bahwa upaya selanjutnya adalah NTP yang bagus dengan tetap menjaga inflasi. Peran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus ditingkatkan dan dapat berperan aktif dengan mencari tahu penyebab, tingkat NTP yang wajar, dan meningkatkan produksi.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Ramli Simanjuntak, selaku Kepala KPPU KPD Medan, memaparkan bahwa menjaga NTP dan harga di konsumen akhir bagaikan buah simalakama yang harus dicari titik tengahnya. Mengenai tingkat angkutan udara sebagai penyebab tertinggi inflasi, Bapak Ramli Simanjuntak menjelaskan bahwa transportasi menjadi kajian nasional khususnya harga tiket angkutan udara dan logistik. KPPU juga fokus pada industri perunggasan khususnya broiler dan layer ayam ras. KPPU mengusulkan pada rapat berikutnya dapat diundang Pertamina untuk menjelaskan tingginya harga LPG 3 kg sesuai hasil kesepakatan rapat TPID sebelumnya dan Badan Karantina mengenai bawang merah dan bawang putih.

Rapat TPID juga melakukan outlook road map 2019 dengan sasaran dan program strategis memperkuat kelembagaan komoditas beras, daging sapi, bawang merah, cabai merah, dan jagung pada tahun 2020. Hasil rapat menyimpulkan bahwa stabilisasi harga komoditas dalam menjaga tingkat inflasi perlu diikuti dengan NTP yang wajar. (RAH)