Internalisasi Ilmu Persaingan Usaha di Fakultas Hukum Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA)

Tarutung (19/3) Komisi Pengawas Persaingan Usaha(KPPU) melalui Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan kembali melaksanakan internalisasi nilai-nilai persaingan usaha yang sehat di Fakultas Hukum Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli (UNITA). Kuliah Umum dihadiri oleh Dekan Fakultas Hukum, Elizabeth Damanik, S.H., M.Hum, Pembantu Dekan I Fakultas Hukum, M. Siringo, Ketua Program Studi Ilmu Hukum, Herlina Panggabean, S.H., M.H. dan mahasiswa Fakultas Hukum.  Dalam sambutannya, Ketua Prodi Fakultas Hukum, Herlina Panggabean, S.H., M.H., menyampaikan baru pertama kali mendengar tentang KPPU dan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 sehingga mengharapkan mahasiswa dapat mengambil manfaat kuliah umum untuk meningkatkan cakrawala pengetahuan.

Pada kesempatan tersebut, Bapak Ramli Simanjuntak selaku Kepala KPD Medan menyampaikan bahwa persaingan usaha menjadi salah satu isu yang sangat diperbincangkan.  Diharapkan hukum persaingan yang merupakan perpaduan antara hukum dan ekonomi dapat memberikan perspektif baru kepada mahasiswa dan seluruh akademitas pada Fakultas Hukum UNITA.Dalam rangka menjalankan salah satu misi KPPU, mewujudkan persaingan usaha yang sehat melalui pencegahan maka KPD Medan juga aktif terlibat pada TPID dan Satgas Pangan. Pada tahun ini, KPPU sedang melakukan penelitian salah satunya terkait dugaan diskriminasi yang dilakukan oleh operator ojek online dan dugaan kartel tiket pada industri penerbangan.  Pada saat sesi tanya jawab, salah satu mahasiswa yang bernama Pandiangan memberikan informasi berkaitan dengan harga jagung di Dairi yang rendah. Berkaitan dengan hal tersebut, Bapak Ramli Simanjuntak akan melakukan koordinasi dengan dinas dan instansi terkait di Dairi untuk melihat permasalahan dan mencoba membantu mencari jalan keluar sesuai dengan Tupoksi KPPU.

Setelah mendengar pentingnya hukum persaingan, Ketua Prodi Fakultas Hukum, menyatakan akan memasukkan materi persaingan usaha ke dalam kurikulum UNITA dan merencanakan kegiatan serupa yang lebih besar dengan dihadiri kelas pararel dan reguler.

Sebagai penutup, Kepala KPPU KPD Medan menyampaikan terima kasih atas kehadiran para mahasiswa dan civitas akademisi yang mengikuti kegiatan dan mengharapkan agar kegiatan seperti ini dapat berjalan dengan berkesinambungan sehingga nilai-nilai persaingan usaha dapat terinternalisasi dengan baik.  KPPU KPD Medan selalu siap membantu universitas apabila membutuhkan bantuan yang berhubungan dengan kegiatan hukum persaingan usaha dan KPPU.