Meningkatkan Perekonomian Daerah Melalui Persaingan Usaha

Kab. Lima Puluh (27/3). Dalam rangka menjalankan fungsi pencegahan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan melaksanakan diskusi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Diskusi yang dipimpin oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Fitma Indrayani, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Priyadi Budiman, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM, H. Kasman K, Kepala Bagian Perekonomian, Ria Wijayanty, Peternak, dan staf jajaran Dinas terkait.

Dalam diskusi tersebut, Kepala KPPU KPD Medan, Ramli Simanjuntak, menyampaikan beberapa hal, diantaranya fokus KPPU di sektor pangan dan peran KPPU KPD Medan pada sektor peternakan ayam broiler dan layer dan komoditas jagung di Provinsi Sumatera Utara. Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Kepala Bagian Perekonomian menjelaskan permasalahan pada komoditas utama Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu tembakau dan gambir. Perwakilan Peternak menceritakan kontribusi yang diberikan sektor peternakan pada perekonomian daerah dengan menyumbang pajak sebesar 3.8 Milyar Rupiah, permasalahan integrator, dan kemitraan.

Diskusi yang membahas permasalahan daerah dan peran KPPU tersebut menghasilkan beberapa hal penting untuk ditindaklanjuti yaitu kemitraan pada sektor peternakan ayam broiler dan layer, perdagangan komoditas tembakau, dan jalur distribusi komoditas gambir.

Pada diskusi tersebut, Asisten II Perekonomian mengharapkan agar pertemuan dapat menjadi rumusan kebijakan demi kemajuan perekonomian daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan meminta KPPU KPD Medan fokus pada komoditas tembakau dan gambir. Kepala KPPU KPD Medan juga mengharapkan kerja sama daerah dalam penelitian dan kegiatan lainnya untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah melalui persaingan usaha.