KPPU Medan Hadiri High Level Meeting (HLM) TPID Provinsi Aceh

Banda Aceh (2/5) – Sebagai wujud partisipasi dalam pengendalian inflasi daerah, KPPU Kantor Perwakilan Daerah Medan menghadiri Kegiatan High Level Meeting (HLM) TPID Provinsi Aceh yang bertempat di Kantor Gedung Serbaguna Sekretariat Daerah Aceh.

Kegiatan HLM ini dibuka oleh Plt. Sekda Provinsi Aceh, Ir. Helvizar Ibrahim. Msi. yang mewakili Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan dihadiri oleh Kepala Biro Ekonomi Provinsi Banda Aceh Amirullah, selaku moderator, Kepala BI Banda Aceh Zainal Arifin Lubis, selaku narasumber, Kepala BI LHokseumawe Yusrizal, Kabulog, Kepala BPS Provinsi Aceh, Perwakilan Polda Aceh, Kepala Pertamina Aceh serta perwakilan pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Aceh.

Agenda pada pertemuan tersebut adalah evaluasi pelaksanaan pengendalian inflasi daerah Triwulan II tahun 2019 dan dalam rangka Persiapan Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Plt. Sekda, Plt. Gubernur Aceh meminta rapat koordinasi TPID ini dapat membahas beberapa agenda penting antara lain evaluasi dan sistem koordinasi antar TPID yang selama ini sudah berjalan, rekomendasi program kerja bersama dan berbagi pengalaman dari masing-masing daerah.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banda Aceh dalam paparannya menjelaskan bahwa kinerja inflasi Aceh pada tahun 2018 sudah cukup baik, yaitu 3,13% bahkan lebih rendah dari target inflasi nasional yang 3,5% ± 1%, artinya inflasi di Aceh cukup terkendali. Sementara realisasi inflasi aceh untuk triwulan I adalah 1,82%. Kelompok penyumbang utama inflasi di Aceh antara lain kelompok bahan makanan, makanan jadi, transportasi terutama tiket pesawat dan bahan bakar.

Dalam kesempatan tersebut, KPD Medan menyampaikan bahwa di dalam pengendalian Inflasi, KPPU berperan dalam mengawasi adanya lonjakan harga. Di saat harga tinggi dan tidak wajar, KPPU akan meneliti apakah penyebabnya karena pasokan atau distribusi yang terhambat atau ada perilaku dari distributor yang mengarah pada kartel. Salah satu yang menjadi kewaspadaan kita bersama untuk saat ini adalah melonjaknya harga bawang putih. Terkait dengan tingginya harga tiket pesawat, saat ini masih dalam penyelidikan di KPPU pusat.

Selain itu, KPD Medan juga meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Aceh melalui Kepala Biro Ekonomi untuk melakukan pendataan pendataan perjanjian kemitraan terutama di sektor perkebunan dan peternakan ayam, sehingga KPD Medan dapat melakukan analisa apakah terjadi penguasaan atas kontrol dan kepemilikan dari inti terhadap plasmanya.