TPID Kota Pematang Siantar Libatkan KPPU Kantor Wilayah Medan

KPPU Kantor Wilayah Medan yang diwakilkan Kepala Bagian Pencegahan Febby Kristantri menghadiri undangan TPID Daerah Kota Pematang Siantar yang dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2019. Rapat yang dipimpin Kepala Tim Kantor Bank Indonesia Pematang Siantar, Poltak Sitanggang selaku Wakil Ketua TPID Daerah Kota Pematang Siantar dan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pematang Siantar, Kepala Perum Bulog Sub Divre II Pematang Siantar, Kepala BPS, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Kabag Perekonomian, Disperindag, Dinas Sosial, PD. Pasar, Dinas Perhubungan, PD. Pembangunan dan PLN Area Pematang Siantar.

BPS dalam pemaparannya menyampaikan bahwa tekanan inflasi Kota Pematang Siantar pada periode April 2019 meningkat dan mencatat inflasi 1,03% (mtm) atau 2,47% (yoy) dan inflasi pada periode April disumbang dengan kenaikan cabai merah, tomat buah dan bawang merah. Secara tahunan realisasi inflasi masih berada pada batas bawah sasaran inflasi 3,5±1% (yoy). Beberapa komoditas yang memberikan sumbangan inflasi karena mengalami kenaikan harga antara lain bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daging ayam ras dan telur ayam ras sedangkan yang mengalami penurunan harga antara lain bawang merah dan ikan kembung.

Sementara itu, Bank Indonesia selaku Wakil Ketua TPID Kota Pematang Siantar mengatakan bahwa 4K merupakan kunci program pengendalian inflasi TPID Kota Pematang Siantar periode Ramadhan 1440 yaitu ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi, dan komunikasi ekspektasi. Dalam program 4K tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka untuk menekan tingginya kenaikan harga dengan operasi pasar, kunjungan ke gudang-gudang distributor, monitoring harga secara intensif, pemantauan arus lalu lintas, usulan penambahan jadwal dan gerbong kereta api, talkshow di radio untuk menyampaikan informasi dan memberikan efek psikologis ke masyarakat terkait kondisi perekonomian agar tidak terjadi gejolak harga. Program 4K dilaksanakan dengan melibatkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang tergabung di TPID Kota Pematang Siantar.

Dalam kesempatan tersebut, KPPU Kantor Wilayah Medan menyampaikan kajian terhadap beberapa komoditas yaitu bawang merah, bawang putih, telur, ayam dan daging sapi.  Disampaikan juga bahwa mengingat kenaikan harga bawang putih yang dinilai sudah melebihi kewajaran, KPPU Kantor Wilayah Medan sedang mendata dan memanggil para importir bawang putih di Provinsi Sumatera Utara.

Sebagai penutup, BI memberikan kesimpulan bahwa harus dilakukan koordinasi pelaksanaanaction plan terhadap komoditas penyumbang inflasi yaitu daging sapi, ayam, cabai merah, dan bawang putih.  Kunjungan ke gudang distributor, pasar, dan operasi pasar akan dilakukan serta monitoring harga komoditas secara intensif.  Arahan dari Bapak Sekretaris Daerah adalah agar TPID melakukan kerja sama dan koordinasi dengan Satgas Pangan Kota Pematang Siantar dalam rangka menstabilkan harga.